head

HOME | NEWS | POFIL | INDEX | SEJARAH

Ilmu itu titipan. Nanti akan ditanya untuk apa digunakan. Tidak ada ilmu yang paling ampuh. Semuanya itu " Man Behind The Gun ".



Jumat, 26 Juni 2009

sh terate vs sh winongo

Perseteruan antara sh terate dan sh winongo sudah terjadi sudah lama karena perbedaan pendapat antara kedua perguruan.mengapa harus berseteru sebenarnya kedua perguruan berasal dari satu guru yaitu ki ageng suro diwiryo.

Yang di ajarkan kepada Bapak Cor Turpijn Hardjono( pendiri sh winongo) dan Ki Hadjar Hardjo Oetomo ( pendiri sh terate ) intinya adalah sama.dalam sh winongo tujuannya adalah "Mengolah raga dan mengolah batin untuk mencapai keluhuran budi guna mendapatkan kesempurnaan hidup, kebahagiaan dan kesejahteraan lahir – batin di dunia dan di akhirat”

Dalam sh terate tujuannya adalah "mendidik manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah serta ikut Memayu Hayuning Bawono". seperti contoh(lihat video) yang terjadi di madiun terjadi bentrok antara kedua perguruan,kalo terjadi bentrok yang menjadi korban adalah penduduk sekitar trus mana tujuan dari kedua perguruan tersebut???????? pesan terakhir yang di ucapkan ki ageng suro adalah :
  1. Jika saya sudah pulang ke Rachmatullah supaya saudara-saudara “Setia-Hati” tetap bersatu hati, tetap rukun lahir bathin.
  2. Jika saya meninggal dunia harap saudara-saudara “S-H” memberi maaf kepada saya dengan tulus-iklas.. Saya titip ibunda Nyi Soerodiwirjo selama masih di dunia fana ini.
Pada tahun 2006 kedua perguruan menandatangani kesepakatan bersama untuk damai di mapolwil madiun ( selengkapnya ), mengapa tahun 2008 terjadi bentrok????
JADI MENGAPA KITA HARUS BERSETERU PISSS. - DAMAI ITU INDAH -

69 komentar:

  1. betul banget!!
    apa salahnya kita berbeda?
    itu bukan alasan untuk saling bermusuhan!!
    apalagi kita itu satu bapak, lahir dari orang yg sama!!!

    mari saudaraku semu berpikirlah dewasa!!
    karena hidup itu terlalu singkat jika digunakan untu saling membenci!!!

    mau tanya, di ITS ga?
    q mahasiswa baru!!!

    BalasHapus
  2. munirul >> walau berbeda tapi tetap satu.
    maaf kami kurang tau apa di its ada apa. mungkin dari pembaca ada yang tau.
    terima kasih

    BalasHapus
  3. iya minta info di ITS ada cabang PSHT ndak ?? saya mau gabung...

    BalasHapus
  4. yapzzz... namanya za SETIA HATI ... kan juga harus setia pada hatinya... so lw lm bisa ngendaliin diri tu namane SELAK KARO BATINE (membohongi diri sendiri)
    jayalah SH TERATE....

    BalasHapus
  5. sh itu setia hati jdi sama kan satu guru satu ilmu jangan ganggu..terate winongo bersatu hati...

    BalasHapus
  6. Betul...Meski berbeda namun SH tetap satu akar n satu pohon meski pnya cabang yg berbeda...

    SH Tunas Muda Winongo

    BalasHapus
  7. sudah betullllll...
    damai itu indah....
    seandainya semua anggota PSHT & WINONGO mempunyai fikiran yang sama bagaimana menanggapi permasalahan yang ada,maka perseteruan atau perkelahian tidak mungkin terjadi.
    coba kita telaah kembali kepada tujuan PSHT DAN WINONGO... ( Kuncinya ada disitu ) kalau kita tidak mengerti,memahami,menghayati tujuan masing2 maka jangan sekali-kali kita menganggap warga PSHT/WINONGO...
    kita harus malu pada diri sendiri,orang tua,pelatih,guru,dan eyang suro selaku pendiri SH.


    Pakde_ Banjarmasin

    BalasHapus
  8. salam persaudaraan...mhhhh bingung juga....intinya dari ajaran PSHT tenteng empat kiblat 5 pancer dan dititik puncaknya perjalan batin manunggaling kawulo gusti itu sangat luar biasa, klo kita semua berpegang pada ajaran itu, insya alloh memayu hayuning bawono bisa tercapai.bisa menjadi predikat dari ajaran PSHT yg sejati.terkadang itu menjadi suatu pilihan disaat kita membuka tempat latihan, kwalitas atau kwantitas...saya kadang juga tyimbul npertanyaan kenapa harus ada pertumpahan darah sesama SH, umumnya sesama muslim.sungguh sayang...itu juga bertolak belakang dari memayu hayuninh bawono.apalagi dalam perjalan batin untuk mencapai 4 kiblat 5 pancer dan manunggaling kawulo gusti akhir dari perjalanan.....tapi saya yakin saudara2 PSHT punya alasan yg kuat dalam semua perbuatanya masing2, yg perlu di ingat tetaplah berpegang pada ajaran PSHT karena dimana bumi kita pijak kita membawa nama PSHT dalam Hati dan Sanubari kita." masing2 jiwa bertanggung jawab terhadap jiwanya masing2" itu yg ajaran yg pernah saya dapat dari beliau( Sang Rajawali ).....mudah2an bermanfaat....wasalam

    BalasHapus
  9. ada PSHT cabang Palembang nggak di Palembang

    BalasHapus
  10. sebenarnya itu mungkin hanya masalah pribadi. tapi berhubung mereka takut sendiri/merasa punya saudara yang siap membela mereka, jadi ya mau tidak mau harus bawa-bawa nama perguruan untuk mendapatkan perlindungan. karena mayoritas di madiun dan sekitarnya winongo dan terate lah yang mendominasi. ujung-ujungnya kriwikan dadi grojogkan. apa lagi jiwa muda adalah jiwa yang berapi-api. "kata maaf bukanlah kata terhina lho mas. jadi jangan pernah malu untuk minta maaf kalo memang kita salah, dan memaafkan jika anda sadar bahwa rusuh itu tidak sama sekali bermanfaat"

    mohon maaf saudaraku semua jika ada salah kata atau pengucapan yang kurang sempurna.

    BalasHapus
  11. Untuk saudaraku yang masih beriman camkan ini :
    Jika orang mati karena mencari nafkah keluarga, menuntut ilmu, membela agama, matinya syahid. la kalau misal mati karena hal sepele yang gak jelas gitu..coba pikir mati apa namanya? kira kira masuk surga apa neraka? (maaf saya tidak bermaksud menggurui atau melecehkan siapapun, tapi cobalah sempatkan waktu kita sebagai 'makhuk termulia 'ini yg dianugerahi akalbudi untuk bertafakur).sehingga kita selalu mengedepankan akalbudi dan nurani daripada nafsu angkaramurka. Nuwun

    BalasHapus
  12. qta udah musuh bebuyutan,,,g akn bs damai..liat ja tuh film".. sm toh klau udah namanya musuh bebuyutan,, u pst bilang,it kan film??? film diambil dr sbuah kisah yg nyata

    BalasHapus
  13. yah apa boleh bwat kembali ke diri masing2 aja.. enakan damai dan bersatulah sh..

    BalasHapus
  14. KITA ORANG INDONESIA writes: DAMAILAH SAUDARAKU HIDUPLAH NEGARA KU AKU CINTA INDONESIAKU AKU G MAU KITA DIADU.JANGANLAH SALING MEMBUNUH BERPRESTASILAH DEMI NEGARAMU.BUAT NEGARA DIKENAL DAN DITAKUTI NEGARA-NEGARA LAIN DIDUNIA.KLO KITA SEMUA BERSATU PASTI KITA BISA.TAPI KLO KITA CUMA BISA BEGINI MAU DIBAWA KEMANA NEGARA KITA.SAMPAI KAPANPUN DENDAM G KAN PERNA BERAKHIR JIKA KITA TAK SADAR KITA SEMUA TELAH MENGHANCURKAN NEGARA KITA SENDIRI.AL HASIL JIKA NEGARA KITA HANCUR SIAPA YANG GEMBIRA DAN SIAPA YANG AKAN SENGSARA.INGAT KITA BERSELISIH BEGINI YANG KETAWA SIAPA?MEREKA TERTAWA DAN MENSUPPORT KITA UNTUK KITA SALING MEMBUNUH TAPI KLO KITA SATU DAN KITA SADAR BAHWA KITA SEMUA ADALAH SAUDARA.AKU YAKIN INSYAALLAH NEGARA KITA MAJU DAN KITA SEMUA BAHAGIA.LAWANLAH MEREKA DENGAN PRESTASIMU.KU TAHU KALIAN SEMUA DENDAM TAPI TOLONG HAPUSLAH ITU KALIAN G PENGEN KAN NEGARA KITA DIJAJAH LAGI......... BERJUANGLAH DEMI NEGARA KITA.

    BalasHapus
  15. KITA ORANG INDONESIA writes: DAMAILAH SAUDARAKU HIDUPLAH NEGARA KU AKU CINTA INDONESIAKU AKU G MAU KITA DIADU.JANGANLAH SALING MEMBUNUH BERPRESTASILAH DEMI NEGARAMU.BUAT NEGARA DIKENAL DAN DITAKUTI NEGARA-NEGARA LAIN DIDUNIA.KLO KITA SEMUA BERSATU PASTI KITA BISA.TAPI KLO KITA CUMA BISA BEGINI MAU DIBAWA KEMANA NEGARA KITA.SAMPAI KAPANPUN DENDAM G KAN PERNA BERAKHIR JIKA KITA TAK SADAR KITA SEMUA TELAH MENGHANCURKAN NEGARA KITA SENDIRI.AL HASIL JIKA NEGARA KITA HANCUR SIAPA YANG GEMBIRA DAN SIAPA YANG AKAN SENGSARA.INGAT KITA BERSELISIH BEGINI YANG KETAWA SIAPA?MEREKA TERTAWA DAN MENSUPPORT KITA UNTUK KITA SALING MEMBUNUH TAPI KLO KITA SATU DAN KITA SADAR BAHWA KITA SEMUA ADALAH SAUDARA.AKU YAKIN INSYAALLAH NEGARA KITA MAJU DAN KITA SEMUA BAHAGIA.LAWANLAH MEREKA DENGAN PRESTASIMU.KU TAHU KALIAN SEMUA DENDAM TAPI TOLONG HAPUSLAH ITU KALIAN G PENGEN KAN NEGARA KITA DIJAJAH LAGI......... BERJUANGLAH DEMI NEGARA KITA.

    BalasHapus
  16. saudara tetap saudara. sekandung, dan sebapak. apa gunanya kita saling membenci.

    BalasHapus
  17. semua tergantrantung apda diri masing2 walaupun kalau kita berbeda tetap boleh bersatu.bukanya tuahan menciptakan kita berbed2 tuk saling malengkapiu

    BalasHapus
  18. apakah pendapat kalian kedua pihak ini sudah mewakili semua saudara-saudara seperguruan? betulkah ada doktrin bagi para siswa baru yg intinya mengarahkan bahwa "musuh" kalian adalah "mereka" (berlaku utk kedua perguruan)? Saya pihak netral, lahir dan besar di Madiun. Sejak saat sekolah dulu sering mendengar kata2, "kamu cah T? atau cah Nongo?" dsb.

    Bapak saya warga SHT, adik saya sudah AA di SHW. Dirumah kami sekeluarga tidak mempermasalahkan perbedaan tsb. Namun saya sering berpikir, "bagaimana jika keduanya bertemu di jalan dengan masing-masing memakai seragam berbeda??"

    BalasHapus
  19. perbedaan itu terjadi akibat ulah orang" yg ga' tau SH itu sendiri.......

    BalasHapus
  20. bentrok tahun 2008 akibat bnyak nya kepentingan politik dimadiun waktu itu yang memanfaatkan massa daripada setia hati terate dan winongo......
    bentrok" tahun sebelumnya belum dewasanya para pendekar dari kalangan muda yg masih bersifat idealis dengan perguruannya......

    BalasHapus
  21. semoga sh selalu damai.......untuk..para...pelatih.....ajarkan kepada anak didik untuk tidak saling bermusuhan........enak damai....aman.....semoga sh tetap jaya...dan lestari......

    BalasHapus
  22. jaya selalu PSHT
    damai

    ayoo jadi relawan ke MERAPI

    BalasHapus
  23. memang sudah gk asing lagi perselisihan antara ASHWIN dengan ASHTER . . .
    tpi semua yg mengawali mesti Orang TERATE yang beraninya cuma main kroyokan . .
    coba 1 lawan 1?
    Dasar Terate (Kirik), orang musrik lho! percaya kok sama sabuk, Percaya tu sama Allah...

    BalasHapus
  24. mAri Qt daMai
    PEACE "SH"
    (loyal heart lotus)

    BalasHapus
  25. BELA LAH SAUDARA SEPERGURUAN YANG BENAR TIDAK PERLU ADU JOTOS KE ESHA AN TIDAK PERNAH MENGAJARKAN KITA UNTUK SALING MEMBENCI MALAH MENGAJAR KAN KITA UNTUK SELALU BISA DI TERIMA DAN BERMANFAAT DI MANAPUN KITA BERADA.KI AGENG SURYO DIWIRYO TIDAK PENAHA MENGKLAIM SETIA HATI PALING HEBAT BELIAU HANYA INGIN SEMUA ANGGOTA SH SELALU MENJADI TELADAN YANG BAIK BAGI MASYARAKAT BUKAN MERESAHKAN MASYARAKAT

    BalasHapus
  26. perbedaan itu terjadi akibat ulah "OKNUM" yg ga' tau SH itu sendiri.......
    jika ikhwan tahu Masya Allah.......
    SHW maupun PSHT itu punya tujuan yang sama. cuma caranya yang berbeda....

    BalasHapus
  27. inilah yng membuat kita tidak prnah bersatu...
    enggk mau mnrma perbedaan

    BalasHapus
  28. kita bersaudara permusahan hanya akan meninggal kan dendam dan kebencian,ilmu kita jangan hanya dibuat tawuran tok,amalkan pada masyarakat supaya berguna,,,,

    salam persaudaraan dulur2 ku,setia hati jaya selalu,,,

    BalasHapus
  29. SH terate vs SH winongo sama-sama orang-orang bodoh yang diadu domba sama guru-guru mu. Kamu semua tidak ada gunanya ikut-ikut seperti itu.

    BalasHapus
  30. Ternyata damai itu mahal harganya. Tetapi semahal-mahalnya kedamaian masih lebih murah dibanding bermusuhan. Mulo podho elingo marang swargi Eyang Surodiwiryo kang lagi nangis neng alam kono.

    BalasHapus
  31. Salam Persaudaraan,

    Setuju sekali dengan post dari Administrator. Sudah saatnya kita tidak lagi memikirkan kepentingan kelompok, baik SH Terate maupun SH yang lain. Kita harus mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Karena pertikaian hanya akan menghancurkan diri kita sendiri. "Menang jadi arang, kalah jadi Abu."

    Agar kita bisa berdamai yang terpenting adalah "Ojo waton ngomong, ning yen ngomong gaweo waton".

    Salam Persaudaraan,


    Derajad
    Warga PSHT Tahun 1992

    BalasHapus
  32. Seiring dengan hal itu ki Hajar Hardjo Oetomo sempat mengambil keputusan terakhir, dimana satu – satunya jalan adalah mengundurkan diri dari Persaudaraan Setia Hati.

    Kemudian beliau dengan berat hati mengajukan / ijin restu untuk mendirikan perkumpulan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Muda ( SHM ) namun permohonan tersebut oleh Ki Ngabehi Soerodiwiryo tidak dijawab sepatah katapun.

    Walaupun tidak ada jawaban dari Ki Ngabehi Soerodiwiryo , Ki Hajar Hardjo Oetomo tetap dengan pendiriannya yaitu mendirikan Perkumpulan Pencak Silat Persaudaraan SH Muda di Desa Pilangbango Madiun

    Dikarenakan adanya latihan di Pilangbango Madiun oleh Ki Hajar Harjdo Oetomo akhirnya SHM dicap SH Merah ( Komunis ) oleh Ki Ngabehi Soerodiwiryo. Karena merasa dipolitisir sedemikian rupa dan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan maka nama PSHM dirubah menjadi PSC ( Pencak Silat Club )

    BalasHapus
  33. ngene lho kang, nek salah sijine ngisin"ni, lha trz sopo sing gelem dadi dulure wong kui ???? contone enek sedulur kembar, nek sijine ngisin"ni liane lak melu isin toh . . . ???

    BalasHapus
  34. Hari ini ramai banget di Madiun.. :) suronan.

    BalasHapus
  35. gembar gembor punya tujuan yang luhur untuk hidup nggak tahunya tawuran sendiri sama saudara...mana tuh yang disebut luhur..

    BalasHapus
  36. Saya mending SH Djamu Djago, terkenal sedjak 1918. Minum jamu ini badan jadi sehat dan kuwat. Mau lawan SH terate..winongo..SH kampret juga boleh. Buktikan sodara-sodara..yang uteknya waras minum jamu SH, yang goblok-goblok silakan adu otot. KASIAN MBAH SUROMU ITU....PUNYA MURID GOBLOK SEMUAA...HIDUP DJAMU TJAP DJAGO ( ASLI WARAS )

    BalasHapus
  37. DIGABUNG AJA LAGI GANTI NAMA JADI S-H WINTER (WINONGO TERATE)

    BalasHapus
  38. WINGCHUN PATAHKAN BENDERA SH4 Maret 2012 pukul 19.03

    gilani....wanine kroyokan

    BalasHapus
  39. intinya ALlah Menciptakan perbedaan itu untuk saling melengkapi dan karena perbedaan itu indah bagi yang bisa menyikapinya secara bijaksana

    BalasHapus
  40. STK selalu JAYA dan TERATE selalu cacad........!!!???

    BalasHapus
  41. setia hati Terate and setia hati Winongo
    bersatulah .seasama setia hati harus bersatu
    karena perkelahian tidak akan menyelesaikan masalah yg ada malah akan menambah masalah .
    satukan lah jiwa kalian jngn ada perkelahian

    BalasHapus
  42. SETIA HATI Lambangnya HATI Mas . Bukan MATAHARI TERBIT .

    BalasHapus
  43. Manusia tak ada yang sempurna,,,, Memayu hayuning bawono adalah salah satu tujuan kita.....
    Dulur2.... kalo ada yang punya Rencana Kerja Tahunan + Laporan... saya minta dong,,, karena sekolah yang kami tempati meminta RKT untuk akreditasi,,,, Please. ( kalo ada yang mau membantu demi kejayaan SH Terate silahkan dkrim ke" moovie99@yahoo.com"
    Semoga PSHT jaya selamanya.....

    BalasHapus
  44. q warga pagar nusa madiun..bersatu itu sangat2 luar biasa dampaknya untuk masa depan..bagi yang berpengetahuan luas pasti sadar akan hal ini

    BalasHapus
  45. saya warga pagar nusa madiun..damai itu sngat2 banyak manfaatnya utk kedepan..bagi yang berpengetauan luas pasti sadar akan hal ini

    BalasHapus
  46. Tidak rukunnya saudara seperguruan ini karena arogansi masing2 yg dikedepankan.

    kenapa nggak adu kwalitas aja di tarung bebas yg udah disediakan arenanya tuk mengukur kwalitas saudara.

    BalasHapus
  47. damailah wahai saudaraku,
    kita adalah satu.

    BalasHapus
  48. saudaraku ojo kur gelut wae, sh terate karo sh winongo gurune podo,awakku karo awakmu iku sedulur,,,

    BalasHapus
  49. di dalam diri kita ada setan bila kita bisa mengendalikan diri kita berari kita bisa mengalahkan setan yang ada di diri kita. SHWT setia hati winongo terate sama saja satu hati

    BalasHapus
  50. saya tidak bermaksud memihak siapapun tapi, saya sudah bosan dengar berita kekerasan di daerah madiun bermotif perguruan silat, apa gunanya kalian disebut pendekar atau fanatik dengan perguruan masing2, saya kira juga ga ada gunanya, kalo mau lihat persamaan jagan liat perbedaan, toh kalau mau lihat persamaan bisa lihat, kita sama2 muslim, saya lihat sendiri betapa arogannya kalo udah jadi salah satu anggota perguruan silat. orang yang ga ikut sampai dianggap derajatnya lebih rendah... kemudian bwt para pemimpin perguruan, cobalah tanya ke hati nuraninya, apa faedahnya perkumpulan yang cuma buat onar,kalo ga bisa berbuat kebaikan apalah gunanya organisasi anda, lihat tiap tahun berpa org yang jadi korban,contohnya tiap ada konvoi pasti ada rumah yang rusak atau lainnya...

    BalasHapus
  51. ShT diajarkan berbudi luhur tau benar dan salah...
    lbih baik damai daripada bonyok. yo pora bro...

    BalasHapus
  52. I am really inspired along with your writing skills
    as neatly as with the structure to your blog. Is
    this a paid theme or did you customize it yourself?
    Anyway stay up the nice high quality writing, it's uncommon to peer a nice blog like this one these days..
    Feel free to surf my website ... Legitimate ways to make money fast

    BalasHapus
  53. Thanks for ones marvelous posting! I quite enjoyed reading it, you might be a great author.
    I will make certain to bookmark your blog and will
    eventually come back from now on. I want to encourage you to definitely continue your great posts, have a nice weekend!


    Feel free to surf to my web site; play slots for money

    BalasHapus
  54. SESAMA ORANG NKRI TETAP HARUS AKUR....MUSUH KITA YANG PALING BESAR ADALAH HAWA NAFSU KITA SENDIRI

    BalasHapus
  55. mari bersatu saudara-saudaraku ingat eyang suro mendirikan perguruan bukan untuk tawuran yang gak jelas tapi digunakan utuk mengusir penjajah. salam dulur-dulur 22

    BalasHapus
  56. sudah lh, untuk apa kita sling ejek di dunia maya sperti ini...
    gk ada gunanya, damai aja saudara" SH,..
    SH Terate dan SH Winongo tetap 1 bapak, tetap 1 jurus, tetap 1 pencak silat, dan tetap 1 hati...
    kita lahir dari 1 Hati "Sedulur Tunggal Kecer"
    coba saudara" sekalian bayangkan kalau smpai SH Terate dan SH Winongo bersatu kembali, gk kebayang besarnya Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati nantinya,..
    mohon di rengunkan untuk saudara" smua,. Salam

    BalasHapus

tak ada gading yang tak retak