Paris, Kompas – Sejak terbentuknya Asosiasi Pencak Silat Perancis atau AFPS tahun 1994 sudah ada tujuh perguruan pencak silat baik dari Indonesia maupun Malaysia yang berkembang dengan pesat di beberapa kota di Perancis.

“Ada beberapa jenis cabang yang menjadi pesaing ketat dalam usaha pengembangan pencak silat di Perancis, yaitu sepak bola dan karate,” kata Presiden Asosiasi Pencak Silat Perancis Eric Chatelier, Rabu (12/7) waktu setempat.

Namun, dia mengakui ketujuh perguruan yang berkembang di antaranya adalah Beringin Sakti, Cimande Terumbu, Pamur Kombinasi Tjimande, Persaudaraan Setia Hati, Setia Hati Terate semuanya dari Indonesia, dan Silat Seni Gayong dari Malaysia.

Pamur Kombinasi Tjimande yang berkembang lambat, tetapi pasti di Kota Bordeaux di selatan Perancis. Atau Silat Seni Gayong yang berada di Lille dan Bondues di bagian utara Perancis. Sedangkan untuk Persaudaraan Setia Hati dan
Setia Hati Terate selain berkembang pesat di Paris juga ada di Ivry sur Seine, Aix en Provence, Marsac sur 1’Isle dan di Savigny sur Orge.

Menyinggung kesulitan pengembangan pencak silat di Perancis, Eric mengatakan, kurangnya pengetahuan masyarakat Perancis tentang Indonesia. “Bila seseorang ingin belajar pencak silat secara tidak langsung ia juga akan belajar budaya Indonesia. Yang pertama kali itu jelas bahasanya,” kata Eric.

Akan tetapi, lanjut Eric, untung ada peluang dengan dikenalnya Festival Seni Bela Diri yang diadakan majalah Karate Bushido setiap tahun di Bercy, Paris. “Pencak silat sudah mendapat tempat khusus untuk mengisinya,” ungkap Eric. Melalui festival seni bela diri itu, pencak silat ikut jadi liputan televisi.

“Lewat media inilah pencak silat perlahan-lahan dapat dikenal. Selain itu, kami masih mengharap adanya bantuan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis untuk memperkenalkan pencak silat yang menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia,” katanya.

Bersamaan dengan kedatangan tim seni Persilat mengisi Festival Seni Bela Diri di Bercy, Asosiasi Pencak Silat Perancis juga mengadakan Kejuaraan Pencak Silat yang pesertanya pesilat terbaik di Eropa. Makanya disebut best of the best Pencak Silat.